Kamis, 26 Juli 2012

Pelajaran yang didapat dari EURO 2012


Pagelaran pesta bola terakbar di Eropa telah usai. Spanyol menghabiskan diri mereka sebagai juara 2x berturut-turut, sekaligus menyamai perolehan gelar juara milik Jerman sebanyak 3x. Empat gol Spanyol ke gawang Italia menjadi bukti terakhir yang mengatakan bahwa generasi emas mereka begitu digdaya dalam dunia sepakbola. Apalagi, Italia adalah tim yang mengalahkan kandidat kuat juara Euro 2012. 
Mengenai Spanyol yang menjadi juara, ini bukan sebuah keajaiban tapi memang karna kerja keras dari semua pemain dan official tim yang solid dan didukung kompetisi lokal yang baik dan boleh dibilang semua pemain inti dari timnas Spanyol adalah pemain inti dari klub yang dibelanya
Nah, sekarang kita akan paparkan, apa kira-kira pelajaran softskill yang dapat kita petik dari perhelatan EURO 2012 kemarin.
Yang pertama, sportivitas.
Apa sportivitas?
Sportivitas adalah Sikap adil (jujur) terhadap lawan; sikap bersedia mengakui keunggulan (kekuatan, kebenaran) lawan atau kekalahan (kelemahan, kesalahan) sendiri; kejujuran; kesportifan [2].

Yang kedua, kerja sama.
Apa yang dimaksud kerja sama dalam hal ini?
Dalam permainan sepak bola, dibutuhkan kerja sama yang baik antara pemainnya agar dapat berkolaborasi untuk mencetak dan mempertahankan angka. Karena permainan ini di samping kita harus memiliki skill individu, "teamwork skill" juga harus dimiliki oleh SEMUA pemain, iya, SEMUA pemain, baik penyerang, gelandang, bek, maupun kiper sekalipun. Maka dari itu para pemain sepakbola dibiasakan untuk hidup bersama agar dapat beradaptasi dengan karakter masing-masing orangnya. Dengan saling beradaptasi inilah salah satu cara untuk menumbuhkan "teamwork skill".

0 komentar:

Posting Komentar