Kamis, 20 Januari 2011

Tipologi organisasi

terdapat beberapa jenis pengelompokan bentuk bentuk organisais atau tipologi organisasi, yaitu:

berdasarkan jumlah orang yang memegang pimpinan :

· bentuk tunggal : bahwa pimpinan organisais berada di tangan satu orang sebagai sumber tugas dan wewenang, kekuasaan dan tanggungjawab.

· Bentuk dewan/komisi : organisasi dipimpin oleh sebuah dewan yang terdiri dari beberapa orang. Semua kekuasaan dan wewenang serta tanggung jawab dipikul oleh dewan sebagai satu kesatuan juga keputusan dan tindakan yang akan diambil.

berdasarkan lalulintas kekuasaan :

· bentuk lurus/line organization/organisasi lini : kekuasaan mengalir dari pucuk pimpinan organisasi dilangsungkan lurus dengan para pejabat yang memimpin kesatuan kesatuan dalam organisasi tersebut.

· Bentuk lini dan staff /line and staff organization : staff adalah anggota organisasi yang bertugas memberi bahan bahan pertimbangan kepada pimpinan dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pengelolaan organisasi. (staff ahli)

· Anggota staff adalah anggota yang memiliki hak untuk memberikan bahan bahan pertimbangan atau nasehat kepada pimpinan. Anggota staff tidak memiliki bawahan pada jalur lini

· Anggota lini adalah anggota organisasi yang memiliki hak perintah kepada bawahannya dalam jalur lini

· bentuk fungsional /functional organization : kekuasaan dilimpahkan melalui para ahli dalam suatu fungsi, sepanjang fungsi tersebut merupakan bidang keahlian tenaga ahli tersebut.

berdasarkan sifat hubungan personal :

· organisasi formal : adalah setiap bentuk kerjasama antara dua orang atau lebih yang diatur dan dipolakan secara resmi dalam rangka mencapai tujuan bersama

· organisasi informal : kerjasama yang dipengaruhi oleh tumbuh kembangnya hubungan dan aktivitas antara orang orang dalam organisasi yang tidak diatur dalam struktur organisasi, didasarkan pada tingkah laku,perasaan, hasrat, dan hubungan pribadi.

berdasarkan tujuan :

· profit oriented, cooperative group

· non profit oriented, social group

berdasarkan sektor sosial kehidupan masyarakat :

· organisasi pendidikan

· pertanian

· kesehatan

· perdagangan,politik, dsb

berdasarkan fungsi atau tujuan yang dilayani :

· organisasi produksi, organisasi ekonomi

· organisasi orientasi tujuan politik

· organisasi bersifat integratif

· organisasi pemelihara

berdasarkan kepatuhan/compliance : perilaku bawahan dalam memberikan tanggapan terhadap sistem otoritas yang ada dalam organisasi.

berdasarkan pihak yang memakai manfaat/mutual benefit:

· mutual benefit organization : organisasi yang kemanfaatannya di nikmati bersama oleh para anggota

· service organization rganisasi yang kemanfaatannya dinikmati oleh pelanggan/clients

· bussiness organization

0 komentar:

Posting Komentar